MENCIPTAKAN CONTENT BLOG YANG BASIK
Barangkali anda sering berpikir, apakah content blog saya sudah cukup bagus? Apa yang kurang dari content blog saya ya?
Untuk
mengetahuinya, anda bisa saja menilainya sendiri. Tapi biasanya karena
khawatir dikira subjektif, anda kemudian meminta orang lain untuk
mengomentarinya. Bisa teman anda, para pengunjung blog, atau para pakar
blog. Tapi semua itu belum cukup. Selain dari diri anda dan orang lain,
ukuran keberhasilan content sebuah blog diukur dari diri blog itu
sendiri. Maksudnya?
Maksud saya anda bisa menilainya dari niat awal anda membuat blog. Biar lebih jelas, mari kita ingat kembali…
Kemarin saya memposting tentang 8 cara praktis membuat blog sukses spektakuler.
Di bagian awal, saya katakan kalau setiap orang bisa saja memiliki
tujuan yang berbeda dalam membuat blog. Bisa misal untuk tempat curhat,
berbagi informasi, sebagai ajang latihan menulis, mungkin untuk
menyimpan dokumen, dan 1.001 satu tujuan lainnya.
Tak ada yang
salah dan tak ada yang benar. Karena semua tujuan anda pilih sendiri
berdasarkan kepentingan anda. Tapi pastinya saat anda memutuskan membuat
blog, anda memiliki tujuan. Sekalipun cuma iseng-iseng, ya itupun
tujuan anda.
Nah, berdasarkan niat anda dalam membuat blog
inilah, keberhasilan content anda dinilai. Kalau tujuan anda ngeblog
adalah memperbanyak kawan, maka content anda dinilai berhasil, bila
makin banyak kawan yang anda punya. Begitupun kalau tujuan anda ngeblog untuk menambah pundi-pundi uang, content dinilai berhasil jika uang anda bertambah banyak.
Tentunya,
penilaian anda itu bisa dilakukan setelah Promosi Blog Anda Jadi,
setelah membuat content, lakukan promosi, dan evaluasi hasilnya. Bila
memang sesuai yang diinginkan, content anda berhasil. Bila belum,
berarti anda perlu memperbaikinya dalam posting-posting berikutnya.
Maka,
menetapkan tujuan ngeblog sangat penting artinya untuk memajukan blog
anda. Karena itu sangat saya sarankan sebelum anda membuat blog
jelaskan tujuan anda. Apa sebenarnya yang anda inginkan dari blog anda.
Dengan memiliki tujuan yang jelas, pengembangannya menjadi lebih mudah.
Dengan arah yang jelas, langkah-langkah yang spesifik untuk mencapai
tujuan tersebut juga lebih mudah dilakukan. Dan dengan menetapkan tujuan
yang pasti, anda bisa menulis content sesuai tujuan itu.
Anda setuju?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar